Rumor Transfer: Arteta Dikabarkan Sudah Setuju Latih Arsenal

Vegas338 News– Asisten manajer Manchester City, Mikel Arteta, dikabarkan sudah bersedia menjadi manajer Arsenal. Ia akan memimpin skuat Meriam London mulai minggu ini.

Dilansir oleh dua media Inggris, Mirror dan Dailymail, pria berusia 37 tahun itu akan menerima tawaran kontrak selama tiga setengah tahun dan tinggal menunggu finalisasi saja. Laga Arsenal vs Everton di pekan ke-18 Liga Inggris, Sabtu (21/12) akan menjadi debut perdananya di pos manajer The Gunners.

Arteta akan tetap menjalankan tugasnya mendampingi manajer City, Pep Guardiola, di laga perempat final Piala Liga Inggris melawan Oxford United, Kamis (19/12) dini hari WIB. Arsenal disebut baru akan mengumumkan pengangkatan Arteta setelah pertandingan tersebut.

Selain itu, Arsenal juga mengizinkan Arteta untuk membawa staf kepelatihan sendiri ke Emirates Stadium. Dua staf Guardiola lainnya di City, Rodolfo Borrell dan Domenec Torrent, dikabarkan akan ikut dibajak oleh Arteta ke London Utara.

Baca Juga : City Jumpa Madrid Guardiola: Ujian yang Luar Biasa

Urusan gaji pun disebut juga tak jadi soal, di mana Arteta diperkirakan akan mendapatkan sedikit di bawah manajer Arsenal sebelumnya, Unai Emery, yang mencapai 5 juta Poundsterling per tahun.

Guardiola sendiri sudah mengetahui negosiasi antara Arteta dengan Arsenal. Meski berat, ia pun rela jika akhirnya anak buahnya itu benar-benar hengkang ke Arsenal.

“Dia (Arteta) sudah bicara dengan Arsenal, jadi saya tak tahu apa yang akan terjadi. Saya tahu ada pertemuan itu. Dia sangat jujur dan transparan kepada saya. Tapi dia akan ikut pergi ke Oxford,” ujar Guardiola.

“Dia tahu persis apa yang kami (Manchester City) inginkan, apa yang kami harapkan, tapi pada akhirnya keputusan itu kembali padanya,” sambungnya.

Arteta sendiri akan menghadapi tugas yang berat di Arsenal. Di Liga Inggris, Mesut Oezil dkk baru sekali menang dalam sembilan laga terakhir dan tertahan di posisi ke-10 klasemen sementara dengan koleksi 22 poin.